Edukasia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 4 No. 1 (2023): Edukasia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran

Evaluasi Kesiapan Pendidik dalam Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)

Igant Erisza Maudyna (Universitas Negeri Surabaya)
Erny Roesminingsih (Universitas Negeri Surabaya)
Karwanto (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kesiapan pendidik di TK Al Wardah dan TK Al Iman dalam mengimplementasikan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian evaluatif dengan model evaluasi CIPP yang dikembangkan oleh Stufflebeam. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis Miles and Huberman. Berdasarkan hasil wawancara pada delapan pendidik kelompok B di TK Al Wardah dan TK Al Iman, 75% pendidik belum mengetahui adanya Model Kompetensi Guru terbaru dari Perdirjen GTK No. 6565/B/GT/2020. Sedangkan, pada hasil observasi pendidik di TK Al Wardah dan TK Al Iman, rata-rata pendidik berada pada jenjang kompetensi berkembang dan cakap. Secara umum, tingkat kesiapan guru dalam mengimplementasikan P5 di TK Al Wardah dan TK Al Iman sudah baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edukasia

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Edukasia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran has two versions, namely print and online, all of which are registered with the ISSN established by the Indonesian Institute of Sciences (LIPI) e-ISSN 2721-1169 (online) and ISSN 2721-1150 (print). Edukasia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran is a medium ...