Physics and Science Education Journal (PSEJ)
Physics and Science Education Journal (PSEJ), Volume 2 Nomor 3, Desember 2022

PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA BERKONTEKS ETHNOPHYSICS PADA POKOK BAHASAN GERAK MELINGKAR

Rahma Dani (Pendidikan Fisika Universitas Jambi)
Jufrida Jufrida (Pendidikan Fisika Universitas Jambi)
Fibrika Rahmat Basuki (Tadris Fisika UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)
Nurmaliza Nurmaliza (Pendidikan Fisika Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
09 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul fisika berkonteks ethnophysics pada pokok bahasan gerak melingkar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Dessiminate). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 7 Kota Jambi dan SMAN 9 Kota Jambi dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi, lembar wawancara, lembar validasi ahli materi dan media, serta angket persepsi siswa. Jenis data yang diperoleh yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif dianalisis  secara deskriptif dan dan data kuantitatif dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Penelitian ini menghasilkan e-modul fisika berkonteks ethnophysics pada pokok bahasan gerak melingkar. Hasil validasi oleh ahli materi diperoleh persentase sebesar 95,93% dengan kategori sangat baik, ahli media sebesar 98,33% dengan kategori sangat baik, dan hasil persepsi siswa sebesar 88,9% dengan kategori sangat baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

psej

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Focus and scope of PSEJ is Physics, Physics Education, and science Education, including: Physisc Instrumentation and electronic Materials Science Theoretical and Computational Physics Earth Sciences Physics Education Innovation of Physics Learning Assessment and Evaluation in Physics Education Media ...