Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M)
Vol. 4 No. 1 (2023)

Poker logaritma (pokema) sebagai media belajar memahami logaritma

Rini Utami (Unknown)
Nurina Hidayah (Unknown)
Dewi Azizah (Unknown)
Amalia Fitri (Unknown)
Sayyidatul Karimah (Unknown)
Falah, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2023

Abstract

Permasalahan yang dihadapi siswa pada materi logaritma yaitu siswa kurang memahami sifat-sifat logaritma untuk menyelesaikan soal logaritma sehingga diperlukan media agar mempermudah siswa mempelajari materi tersebut. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pendampingan belajar logaritma kepada siswa dengan menggunakan media Pokema. Media Pokema merupakan media pembelajaran matematika yang terdiri dari petunjuk penggunaan, materi logaritma, kartu-kartu berisi soal-soal logaritma dan kunci jawaban. Peserta kegiatan ini adalah siswa MA Tholabudin Masin berjumlah 20 orang. Pengabdian kepada masyarakat ini menggunakan metode Service Learning yang terdiri dari 4 tahap yaitu tahap investigasi dan perencanaan, tindakan, refleksi, dan demontrasi. Hasil dari kegiatan pengabdian ini yaitu rata-rata kemampuan siswa pada materi logaritma berbeda sebelum dan sesudah diberikan pendampingan. Selain itu sebanyak 85% siswa berpendapat media pokema menarik minat siswa untuk belajar logaritma.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JP2M

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M) dengan nomor registrasi ISSN 2721-5156 (cetak) 2721-5148 (online) adalah jurnal multidisiplin ilmu yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Islam Malang. Jurnal Ini mencakup banyak masalah secara umum ...