Kurikulum dalam system pendidikan nasional telah banyak mengalami perubahan, salah satunya adalah perubahan dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) menjadi Kurikulum 2013 (K-13). Tujuan dari artikel ilmiah ini adalah menganalisis penerapan Kurikulum 2013 pada pelaksanaan pembelajaran fisika. Pelaksanaan Kurikulum 2013 di sekolah tidak terlepas dari kesiapan guru yang menjalan roda pengajaran dan pembelajaran disekolah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan. Penelitian kepustakaan ini menggunakan metode pengumpulan data dari berbagai jurnal penelitian yang ada, merujuk pada buku, dan melalui penyajian informasi tambahan pada website yang relevan dengan penelitian ini. Disimpulkan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran dengan kurikulum 2013, peserta didik melakukan pembelajaran aktif, seluruh peserta didik harus terlibat aktif di dalamnya. Proses Pembelajaran Kurikulum 2013 tersebut memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan potensi mereka menjadi kemampuan yang semakin lama semakin meningkat dalam sikap (spiritual dan sosial), pengetahuan, dan keterampilan yang diperlukan dirinya
Copyrights © 2022