Proceeding Seminar Nasional IPA
2023

KOMPARASI MODEL PENSKORAN KLASIK PADA ESTIMASI OBSERVED SCORE SISWA

Amelia, Rizki Nor (Unknown)
Nugraini, Anisa Ratna (Unknown)
Kriswantoro (Unknown)
Purnama, Dian Normalitasari (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2023

Abstract

Masalah skoring masih menjadi isu yang relevan bagi pengukuran dan pengujian pendidikan karena perilaku guessing merupakan salah satu faktor yang berkontribusi pada skor yang dihasilkan, padahal idealnya skor tes haruslah sedekat mungkin dengan tingkat penguasaan testee yang sebenarnya. Untuk mengatasi hal tesebut, penelitian ini bertujuan untuk mengkomparasikan model penskoran klasik yang berbasis guessing (variasi 4 dan 5 pilihan jawaban) dengan model penskoran konvensional (number right scoring) terhadap estimasi observed score yang dihasilkan. Data yang digunakan adalah data simulasi yang dibangkitkan melalui software WinGen, dengan ukuran sampel 300 responden berdasarkan Item Response Theory 1-PL. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan model penskoran klasik yang berbeda ternyata tidak memberikan perbedaan yang signifikan dalam hal kesesuaian peringkat testee. Selain itu, karakteristik deskriptif dan karakteristik distribusi skornya juga tidak berbeda. Namun demikian, model penskoran berbasis guessing tetap dapat dipertimbangkan penggunaannya sebagai upaya pencegahan guessing mengingat tidak mungkinnya pembuat soal dalam membedakan jawaban benar berdasarkan penguasaan atau lucky guessing.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

snipa

Publisher

Subject

Education

Description

Proceeding Seminar Nasional IPA berisi artikel yang bertema inovasi pembelajaran IPA, penelitian dibidang IPA dan ilmu lingkungan yang berasal dari kegiatan Seminar Nasional IPA. Kegiatan Seminar Nasional IPA sendiri merupakan kegiatan yang diselengarakan oleh Jurusan IPA Terpadu UNNES dengan ...