Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Vol 2, No 1 (2023)

Strategi Kepala Sekolah dalam Memanfaatkan Media Sosial untuk Merekrut Peserta Didik Baru di SMPN 03 Pariangan

Mohamad Fahrul (Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar)
Husnani Husnani (Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar)
Himyar Pasrizal (Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar)
Jamilus Jamilus (Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2023

Abstract

Penelitian. .ini. .bertujuan. untuk menjelaskan media sosial apa saja yang digunakan kepala sekolah dalam perekrutan peserta didik baru di SMPN 03 Pariangan. Jenis penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian lapangan. field research yang dikenal dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti ialah melalui wawancara, dan dokumentasi. Pengelolaan data dilakukan secara deskriptif kualitatif, kemudian diuraikan berdasarkan permasalahan yang terjadi di lapangan dengan menggunakan kalimat yang efektif yang berpedoman kepada Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). Sumber data dari penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah SMPN 03 Pariangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk melihat keabsahan datanya, peneliti menggunakan triangulasi teknis. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti bahwasanya strategi yang digunakan kepala sekolah dalam memanfaatkan media sosial untuk merekrut peserta didik baru di SMPN 03 Pariangan yaitunya menggunakan aplikasi Facebook, Instagram, Whatsapss Group dan Youtube. Penggunaan media sosial tersebut tentu sangat membantu sekolah dalam merekrut peserta didik baru sehingga bagi calon siswa baru yang ingin melanjutkan pendidikan ke SMP, bisa dengan mudah mendapatkan informasi mengenai profil beserta keunggulan sekolah yang dimiliki oleh SMPN 03 Pariangan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

manapi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (MANAPI) with ISSN 2964-6863 is a forum for educators, academics, researchers and practitioners to share ideas regarding practical approaches in improving the quality of problems related to education management, education administration and Islamic education ...