Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 11, No 2 (2023): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Media Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS tentang Interaksi Manusia dengan Lingkungan pada Siswa Kelas V SDN 2 Kalibening Tahun Ajaran 2022/2023

Nanda Galuh Rania (Universitas Sebelas Maret)
Ngatman Ngatman (Universitas Sebelas Maret)
Muhamad Chamdani (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
12 Sep 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan media visual untuk meningkatkan hasil belajar IPS tentang interaksi manusia dengan lingkungan. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 2 Kalibening tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil belajar pada siklus I sebesar 72,5%, siklus II sebesar 80%, dan siklus III sebesar 90%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan media visual dapat meningkatkan hasil belajar IPS tentang interaksi manusia dengan lingkungan pada siswa kelas V SDN 2 Kalibening tahun ajaran 2022/2023.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...