BINOMIAL : Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 6 No 2 (2023): Jurnal Binomial

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN QUESTIONING, ORGANIZING, GUIDE, ASSESS & EVALUATE (QOGAE) UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA

Sri Wahyuni (Universitas Muhammadiyah Bone)
Erwing Erwing (Universitas Muhammadiyah Bone)
Muh. Ilham (Universitas Muhammadiyah Bone)
Nia Febrianti (Universitas Muhammadiyah Bone)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat kemampuan dan daya literasi sains tiap peserta didik melalui proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pengembangan Plomp dengan design non-equivalent control group dengan fokus penelitian pada mata pelajaran Biologi kelas XI SMA Negeri 1 Bone semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA dengan jumlah siswa sebanyak 110 orang. Hasil analisis pengujian data tes literasi sains yang telah dilakukan menunjukkan penerapan model pembelajaran QOGAE (Questioning, Organizing, Guide, Assess dan Evaluate) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan literasi sains siswa. Model pembelajaran ini mampu memicu siswa untuk dapat berkolaborasi dengan sesamanya serta bekerja sama untuk menemukan konsep dan keterampilan sains dengan menghasilkan karya yang kreatif sehingga model pembelajaran QOGAE dapat meningkatkan kemampuan literasi sains siswa. Respon yang positif dari guru dan siswa terhadap penerapan model pembelajaran QOGAE ini mendukung keberhasilan dalam membangun keterampilan literasi sains siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

binomial

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

Jurnal Binomial adalah jurnal Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muslim Maros yang mempublikasikan hasil penelitian dan karya ilmiah dalam pengembangan ilmu biologi dan pendidikan. Terbit Edisi Maret dan Edisi ...