Global Journal Basic Education
Vol 2 No 3 (2023): Agustus

PENGGUNAAN STRATEGI STRATTA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NARASI SISWA KELAS V SD INPRES 6/75 SELLI KABUPATEN BONE

Rukayah, Rukayah (Unknown)
Rosmalah, Rosmalah (Unknown)
Sari, Risma (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis Pre-eksperimen desain One-Group Pretest-Posttest Design yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan kemampuan menulis narasi sebelum dan setelah penggunaan strategi Stratta pada siswa kelas V SD Inpres 6/75 Selli Kabupaten Bone. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan strategi Stratta, sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan menulis narasi siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres 6/75 Selli yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling jenuh, karena semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Teknik analisis data adalah analisis statistik deskriptif dan analisis ststistik inferensial. Hasil Paired Sample T-test dengan thitung > ttabel yaitu thitung sebesar 32,708 dan ttabel sebesar 2,07387. Sebelum penggunan strategi Stratta diperoleh rata-rata (mean) 52,583 dan setelah penggunaan strategi Stratta diperoleh rata-rata (mean) 81,333. Sehingga hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan penggunaan strategi Stratta terhadap kemampuan menulis narasi siswa kelas V SD Inpres 6/75 Selli Kabupaten Bone.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

gjp

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Global Journal Basic Education with e ISSN 2828-6383 is a scientific journal that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of basic education covering the fields of basic teaching in elementary, Applied science and analytical-critical ...