Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pedagogy knowledge Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jambi pada mata Kuliah Strategi Pembelajaran Ekonomi. Analisis data menngunakan teknik analisis data kuantitatif dengan metode penelitian tindakan kelasa (PTK). Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah mahasiswa kelas R001 semester 3 mata kuliah Strategi Pembelajaran Ekonomi Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jambi Tahun Akademik 2023/2024. Hasil penelitian ditunjukan dari hasil observasi selama pembelajaran serta penilaian produk/karya mahasiswa. Pedagogy knowledge mahasiswa dalam membuat karya mengalami peningkatan dalam setiap siklusnya dapat dilihat pada siklus I dan II. Peningkatan hasil kemampuan pedagogy knowledge mahasiswa adalah sebesar 25,40%. Peningkatan tersebut diperoleh dari hasil pencapain evaluasi pada siklus I 62,05% dengan kategori sedang sedangkan pada siklus II naik menjadi 87,45%. Kemudian, dalam menerapakan model pembelajaran project based learning (PjBL) yang dinilai dari hasil pengamatan observasi terhadap produk yang dihasilkan pada siklus I yakni 68,43% terkategori cukup dan siklus II meningkat 87,22% kategori sangat baik. Sedangkan untuk hasil belajar siklus I dan II terjadi peningkatan yaitu dimana persentase nilai >75 siklus I adalah 63,16% sedangkan siklus II menjadi 86,84% hal tersebut berarti terjadi peningkatan sebanyak 23,68%. Maka dapat disimpulkan setelah di terapkan model pembelajaran project based learning (PjBL) untuk meningkatkan pedagogy knowledge berpengaruh sangat signifikan dikarenakan setelah diterapkan model pembelajaran tersebut nilai mahasiswa meningkat serta mahasiswa memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru dalam pembelajaran berbentuk proyek.
Copyrights © 2023