Jambura Journal of Administration and Public Service
Vol 4, No 1 (2023): Volume 4 Nomor 1 Oktober 2023

Akuntabilitas Pelayanan Administrasi

Karim, Dian Fitriani (Unknown)
Mohi, Widya Kurniati (Unknown)
Alkatiri, Ramlah (Unknown)
Madina, Fadlun N. (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2023

Abstract

Banyaknya keluhan dan pengaduan dari masyarakat terhadap pelayanan dari pemerintah baik yang secara langsung maupun melalui media massa menimbulkan citra yang buruk dalam akuntabilitas publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Akuntabilitas Pelayanan Administrasi di Kelurahan Libuo Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo. Metode penelitian menggunakan jenis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Akuntabilitas Pelayanan Administrasi di Kelurahan Libuo Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo belum optimal. Dari keempat indikator yang digunakan yakni prosedur, biaya, jangka waktu dan responsif, terdapat dua indikator yang belum berjalan dengan baik yakni indikator prosedur dan responsive. Hal tersebut terlihat dari kurangnya komitmen pegawai Kelurahan Libuo untuk secara konsisten menjalankan dan menerapkan prosedur pelayanan secara adil kepada semua masyarakat responsivitas pelayanan administrasi di Kantor Kelurahan Libuo yang tergantung pada personal pegawai bukan pada kebutuhan masyarakat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jjaps

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal ini dimaksudkan sebagai forum komunikasi Administrasi Publik dan ilmuwan lain dari banyak praktisi yang menggunakan Manajemen Pelayanan Publik dan Kebijakan Publik dalam penelitian. Naskah artikel meliputi bidang Manajemen dan Pelayanan Publik; Kebijakan publik; Manajemen Kepemimpinan; ...