Golden Childhood Education Journal (GCEJ)
Vol 4 No 2 (2023): Vol. 4 No. 2 Tahun 2023

KORELASI KEPRIBADIAN DENGAN KEMAMPUAN BERCERITA ANAK DI TK CINTA SEMUA KECAMATAN TUBAN

Apriliyana, Firdausi Nuzula (Unknown)
Jaya, Allan Firman (Unknown)
Marli'ah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2023

Abstract

Anak beraktivitas tentu berkomunikasi dengan sesamanya melalui sarana berbicara yang dimilikinya. Agar lancar mengemukakan ide-ide atau gagasan-gagasan yang dihasilkannya Oleh sebab itu, kemampuan berbicara seseorang anak kecil harus dilatih. Hipotesis menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara kepribadian dengan kemampuan bercerita. Hal ini diperoleh dari nilai koefisien korelasi sebesar 0.690. Nilai ini memberikan pengertian bahwa keterkaitan antara kepribadian dengan kemampuan bercerita adalah positif dan signifikan. Besarnya sumbangan atau kontribusi variabel kepribadian terhadap kemampuan bercerita dapat diketahui dengan jalan mengkuadratkan nilai koefisien korelasi yang diperoleh, yaitu 0.6902 = 0.48. Secara statistik nilai ini memberikan pengertian bahwa 48% variasi kemampuan bercerita ditentukan oleh faktor kepribadian.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

GCEJ

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Pendidikan Anak Usia Dini Pembelajaran Anak Usia Dini Parenting untuk Pendidikan Anak Usia Dini Perkembangan Anak Permasalahan Anak Usia Dini Lembaga Pengelola Pendidikan Anak Usia Dini Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini Psikologi Perkembangan Anak Pemberdayaan Anak Strategi Pembelajaran Pendidikan ...