Local branding memiliki peran penting dalam memperkenalkan suatu lokasi, termasuk wilayah Jatigede. Ciri khas dan keunikan yang dimiliki oleh suatu lokasi dapat menjadi modal pembentukan local branding. Keberadaan local branding dapat menjadi inspirasi dalam pengembangan objek wisata yang dikemas dengan baik, salah satunya melalui media komunikasi berupa proposal sponsorship. Namun, tidak semua masyarakat mengetahui cara membuat proposal sponsorship yang berbasis local branding. Tujuan dari kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam pembuatan proposal sponsorship berbasis local branding desa di lingkungan kecamatan Jatigede. Metode yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, diskusi dan pelatihan yang diikuti oleh para tokoh masyarakat, aparat desa, dan tokoh pemuda yang berjumlah 20 orang. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa peserta pelatihan dapat: (1) mengetahui dan memahami materi local branding; (2) mengidentifikasi potensi pembentukkan identitas local branding objek wisata; (3) membuat kerangka proposal sponsorship pembentukkan local branding objek wisata kawasan Jatigede Sumedang. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa peserta telah dapat membuat kerangka proposal sponsorship berbasis local branding yang mendukung pada pengembangan objek wisata Waduk Jatigede.
Copyrights © 2023