Pelita : Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia
Vol. 1 No. 1 (2021): April

Pengembangan Media Flash Card Berbantuan Metode Silaba Pada Kemampuan Membaca Siswa

Putri, Alfianti Kusuma (Unknown)
Setiadi, Hermawan Wahyu (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media flash card dalam pembelajaran Bahasa Indonesia bagi siswa kelas II SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model Borg and Gall. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan uji paired sample T-test dengan berbantuan SPSS 21. Hasil penelitian adalah: (1) proses pengembangan media flash card berbantuan metode silaba; (2) media dinyatakan layak ditunjukan dengan penilaian dari ahli materi dengan skor 4,6 dengan kriteria sangat baik dan penilaian dari ahli media dengan skor 4,7 dengan kriteria sangat baik; (3) daya tarik siswa terhadap media flash card sangat baik ditunjukan dengan skor 4,50 dengan kriteria sangat baik; (4) prestasi belajar siswa meningkat. Hasil nilai rata-rata pretest 57,6 dan pada nilai rata-rata postest meningkat dengan nilai rata- rata 77. Karena nilai postest lebih dari nilai prestest, maka dapat disimpulkan media pembelajaran flash card berbantuan metode silaba dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pelita

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Pelita: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia. Jurnal Pelita merupakan jurnal yang memfokuskan kajiannya pada bidang pendidikan dan pembelajaran. Tujuan jurnal ini lebih pada upaya untuk memberi terang keilmuan bagi kemajuan pada pendidikan di Indonesia. Jurnal ini menerbitkan beragam ...