Jurnal Paramaedutama
Vol 1 No 1 (2023): Paramaedutama

Pengaruh Penyesuaian diri Terhadap Tingkat Kecemasan dalam Mengahadapi Ujian Siswa di SMP N 9 Kota Jambi

Nurjannah, Nurjannah (Unknown)
Aini, Millaty (Unknown)
Gutji, Nelyahardi (Unknown)
Wahyuni, Hera (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2023

Abstract

Berdasarkan latar belakang  permasalahan yang terjadi di SMP Negeri 9 Kota Jambi bahwa terdapat banyak siswa yang belum bisa menyesuaikan diri dengan baik, sehingga muncul nya permasalahan-permasalahan kecemasan dalam menghadapi ujian maupun dalam menyesuaikan dirinya di lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan seberapa besar pengaruh penyesuaian diri terhadap tingkat kecemasan dalam menghadapi ujian siswa di SMP Negeri 9 Kota Jambi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Kota  Jambi sebanyak 138 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik random sampling. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitaif dengan pendekatan expost facto. Teknik dalam pengumpulan data menggunakan angket, dan untuk mengetahui ketepatan instrumen dilakukan uji validitas dan uji reabilitas. Dalam penelitian ini menggunakan skala likert, dalam skala likert terdapat 5 opsi jawaban yaitu, Selalu (SL), Sering (SR), Kadang-Kadang (KK), Jarang (JR) dan Tidak Pernah (TP). Kemudian teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan persentase formula C, uji normalitas, uji linearitas serta analisis regresi sederhana dengan bantuan aplikasi SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan secara umum bahwa penyesuaian diri siswa di SMP Negeri 9 Kota Jambi secara keseluruhan berada pada tingkat tinggi dengan persentase sebesar 57,97%. Sedangkan tingkat kecemasan dalam menghadapi ujian berada pada tingkat sedang dengan persentase sebesar 42,02%. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa berdasarkan hasil R square pada R tabel menunjukkan koefisiensi determasi pada angka 0.342 atau 34.2%, menunjukkan terdapat pengaruh penyesuaian diri terhadap tingkat kecemasan dalam menghadapi ujian siswa di SMP Negeri 9 Kota Jambi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpe

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Paramaedutama dengan nomer ISSN 3025-3039 (cetak) dan ISSN 2988-6996 (online) merupakan publikasi ilmiah yang menerima setiap tulisan dibidang pendidikan dan kebudayaan, seperti manajemen pendidikan, kurikulum, penilaian pendidikan, kebijakan pendidikan, teknologi pendidikan, pembelajaran dan ...