Jurnal Paramaedutama
Vol 1 No 1 (2023): Paramaedutama

Hubungan Antara Kebiasaan Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 21 Batang Hari

Marisyah Damayanti (Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi)
Rasimin (Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi)
Hera Wahyuni (Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi)
Siti Amanah (Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi)
Rully Andi Yaksa (Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi)
Fitriana (Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2023

Abstract

Kebiasaan belajar yang efektif dan efisien diperlukan oleh setiap orang dalam aktivitas belajarnya karena sangat berpengaruh terhadap pemahaman dan hasil belajar yang akan mereka raih. Berdasarkan fenomena yang ada di lapangan setiap siswa menunjukkan kebiasaan belajar yang berbeda-beda sehingga kemampuan siswa dalam belajar dan menerima pembelajaran pun juga akan berbeda. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kebiasaan belajar dengan hasil belajar siswa di SMP N 21 Batang Hari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII. Sampel diambil menggunakan teknik total sampling dan jumlah keseluruhannya yaitu 89 siswa. Untuk mengetahui ketepatan dan kesahihan instrumen ini dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data penelitian ini yaitu uji normalitas, uji linearitas, uji hipotesis dan uji korelasi pearson product moment dengan bantuan program SPSS 24.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). Secara umum tingkatan kebiasaan belajar di SMP N 21 Batang berada dalam kategori tinggi dengan perolehan persentase sebesar 84%. (2). Tingkatan hasil belajar siswa di SMP N 21 Batang Hari. (3). Hasil penelitian ini menyatakan terdapat hubungan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar siswa di SMP Negeri 21 Batanghari. Hubungan tersebut dibuktikan dari hasil nilai sig 0.019< 0.05 yang menunjukkan adanya hubungan antara kedua variabel, serta dibuktikan dari hasil r hitung korelasi sebesar 0,248.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpe

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Paramaedutama dengan nomer ISSN 3025-3039 (cetak) dan ISSN 2988-6996 (online) merupakan publikasi ilmiah yang menerima setiap tulisan dibidang pendidikan dan kebudayaan, seperti manajemen pendidikan, kurikulum, penilaian pendidikan, kebijakan pendidikan, teknologi pendidikan, pembelajaran dan ...