Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 11, No 3 (2023): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Pengembangan Media Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar

Zulfa A'yunul Husna (Universitas Sebelas Maret)
Moh Salimi (Universitas Sebelas Maret)
Kartika Chrysti Suryandari (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pengembangan media cerita bergambar, (2) mengidentifikasi kelayakan media cerita bergambar, (3) menganalisis keefektifan penggunaan media cerita bergambar. Penelitian ini menggunakan metode RnD dengan model ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, angket, dan tes (pretest dan posttest). Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis data kuantitatif, analisis data kualitatif, dan uji keefektifan media cerita bergambar (n-gain dan effect size). Hasil penelitian yaitu pengembangan media cerita bergambar ini melalui beberapa tahapan antara lain: analyze, design, development, implementation, evaluation.  Media cerita bergambar ini berhasil dikembangkan, dibuktikan dengan hasil penilaian dari para ahli yaitu sebesar 88 % dengan kriteria sangat layak, hasil perhitungan n-gain pada kelas eksperimen sebesar 78,2 % dengan kriteria sangat efektif, hasil perhitungan effect size sebesar 1,81 dengan kriteria sangat besar, dan perbandingan persentase rata-rata keterampilan berkomunikasi siswa kelas ekperimen lebih tinggi dari pada persentase rata-rata keterampilan berkomunikasi pada kelas kontrol. Kesimpulan pada penelitian pengembangan ini media cerita bergambar layak digunakan dalam pembelajaran dan efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman dan berkomunikasi siswa kelas IV.  

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...