GEMBIRA (Pengabdian Kepada Masyarakat)
Vol 1 No 06 (2023): DESEMBER 2023

MENGUKIR KEBERHASILAN EDUKASI: PENINGKATAN KOMPETENSI SOFT SKILL GURU SMK ARMANIYYAH DALAM MENGHADAPI ANAK DIDIK

Imam Sucipto (Universitas Pelita Bangsa)
Tri Wahyu Wirjawan (Universitas Pelita Bangsa)
Ucok Darmanto Soer (Universitas Pelita Bangsa)
Ahmad Gunawan (Universitas Pelita Bangsa)
Suryadi (Universitas Pelita Bangsa)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2023

Abstract

Soft skill, seperti kemampuan komunikasi, kesabaran, empati, dan kerjasama, dll berperan penting dalam membentuk hubungan yang positif antara guru dan siswa, serta mendukung proses belajar-mengajar yang efektif. studi ini mengidentifikasi level kompetensi soft skill awal guru, merancang dan menerapkan program pelatihan, serta mengevaluasi dampaknya terhadap kualitas pendidikan. Banyak sekali problem yang dihadapi oleh siswa di sekolah seperti tingkat prestasi yang kurang baik, terjadinya perundungan, adanya kenakalan remaja bahkan sampai terlibat pada hal yang bersifat kriminal. Peran guru dan orang tua sangat menentukan akan kesuksesan anak dimasa yang akan datang. Guru yang memiliki soft skill yang akan lebih mudah berkomunikasi dengan siswa dan bisa menyampaikan materi dengan sangat baik Tentunya guru tersebut bisa menunjukkan bahwa dirinya patut dicontoh dalam hal kepribadian dan perilaku sehingga berdampak positif pada siswa, namun masih terjadi sebagaimana diberitakan oleh media bahwa guru yang seharusnya menjadi role model, digugu dan ditiru namun melakukan hal-hal yang menyalahi norma, menunjukkan kekerasan dalam mendidik dan berprilaku tidak selayaknya seorang pendidik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurnal

Publisher

Subject

Religion Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Gembira: Jurnal Ilmiah Pengabdian pada Masyarakat, so called as Jurnal Gembira, is a peer-reviewed journal to publish/disseminate scientific works and innovations in the form of scientific articles. This journal concerned with the practice and processes of community engagement. This journal accepts ...