JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 2 (2021): 2021

The Implementation Of Cooperative Learning Type Think-Pair Share In Overcoming Student’s Anxiety In Speaking English At English Language Foundation

Aziz, Malik Abdul (Unknown)
Hoerniasih, Nia (Unknown)
Rahmawati, Maya (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2021

Abstract

Makalah ini bertujuan untuk mengungkap faktor-faktor penyebab kecemasan pada mahasiswa dasar Bahasa Inggris dan mendeskripsikan bagaimana pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share membantu mereka dalam mengatasi kecemasan mereka. Penelitian ini menggunakan desain studi kasus. Pesertanya adalah enam mahasiswa yang mengikuti program speaking selama satu bulan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen observasi, wawancara, dan angket. Data dianalisis melalui tiga langkah, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi sebagai analisis kerangka kualitatif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Hasilnya sebagai berikut: (1) ada enam faktor signifikan yang menyebabkan siswa mengalami kecemasan, (2) penekanan pembelajaran kooperatif melalui dua aspek berbicara mendapat tanggapan positif dari berbagai kalangan meskipun salah satu aspek yang ditekankan kurang berdampak. Rekomendasi yang paling penting adalah siswa harus memiliki keinginan yang besar dalam belajar bahasa Inggris terutama dalam pembelajaran berbicara dan guru harus memotivasi siswa dan menerapkan pembelajaran jenis ini ketika mengajar berbicara

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...