Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 6 No. 4 (2023): Volume 6 No 4 Tahun 2023

ANALISIS KEMAMPUAN COMPUTATIONAL THINKING BERDASARKAN TAHAP GENERALISASI POLA DAN DESAIN ALGORITMA SISWA DI KELAS III SDN 03 TOHO

Hery Kresnadi (Universitas Tanjungpura)
Dyoty Auliya Vilda Ghasya (Universitas Tanjungpura)
Rio Pranata (Universitas Tanjungpura)



Article Info

Publish Date
17 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini membahas tentang analisis kemampuan Computational Thinking siswa di kelas III SDN 03 Toho berdasarkan tahap generalisasi pola dan desain algoritma. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan mengkaji dan menganalisis kondisi aktual kemampuan Computational Thinking siswa. Data yang digunakan diperoleh dengan menggunakan tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan Computational Thinking siswa di kelas III SDN 03 Toho masih tergolong sangat rendah khususnya pada aspek generalisasi pola dan desain algoritma. Hal ini disebabkan karena siswa belum pernah diberikan soal-soal berbasis Computational Thinking dan guru juga memahami terkait kemampuan tersebut sehingga belum pernah menerapkannya pada pembelajaran matematika di kelas.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...