Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 1 (2024): Volume 7 No 1 Tahun 2024

PENGEMBANGAN METODE PENILAIAN OTENTIK UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA

Baso Intang Sappaile (Universitas Negeri Makassar)
Ahmad Fahrudin (Universitas Indraprasta PGRI)
Yuniar Sakinah Waliulu (Universitas Pattimura)
Albertus Hengka Nove (Institut Agama Kristen Negeri Tarutung)
Reza Saeful Rachman (Universitas Sangga Buana)
Budi Utami (Universitas Islam Majapahit)



Article Info

Publish Date
04 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan metode penilaian otentik dalam mengukur kemampuan berpikir kritis mahasiswa di perguruan tinggi. Berfokus pada integrasi konsep berpikir kritis dengan penilaian otentik, penelitian ini mengeksplorasi literatur-literatur terkait untuk mengidentifikasi pendekatan yang dapat meningkatkan validitas evaluasi. Dengan menelaah berbagai metode penilaian otentik, termasuk proyek kolaboratif, studi kasus, dan simulasi situasi kehidupan nyata, penelitian ini menghasilkan sintesis konsep dan metode yang menggambarkan suatu pendekatan komprehensif. Rekomendasi penelitian mencakup pengembangan tugas-tugas otentik yang mencerminkan tantangan kontemporer dan penggunaan rubrik penilaian yang transparan untuk mengevaluasi kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Hasil penelitian ini dapat diimplementasikan dalam perancangan kurikulum pendidikan tinggi guna meningkatkan kualitas pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...