Jurnal Edukasi Sebelas April
Vol 7 No 2 (2023): JESA - Jurnal Edukasi Sebelas April

IMPLEMENTASI WORK BASED LEARNING DI SMK PADA PEMBELAJARAN TEKNIK SEPEDA MOTOR

Dani Mardani (SMK Merdeka Soreang)
Dadang Hafid (Universitas Sebelas April)
Muhamad Kamaludin (Universitas Sebelas April)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk penerapan model pembelajaran Work Based Learning dalam upaya meningkatkan kualitas proses pembelajaran di SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) serta mengetahui efektifitas penerapan model pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan Metode eskperimen dimana peneliti melakuan eksperimen kepada objek penelitian dengan menggunakan perlakuan yang berbeda. Berdasarkan hasil penelitian, dan perhitungan statistik terhadap data hasil belajar kelistrikan sistem penerangan, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Work Based Learning berpengaruh terhadap hasil belalajar pada siswa kelas XI, pengaruhnya menggunakan model tugas proyek siswa menjadi aktif antar sesama siswa lainnya saling bertukar pengetahuan, banyaknya tindakan, dan para siswa mengembangkan keterampilan yang dipelajarinya. Selain itu, para peserta didik benar-benar mempelajari materi tersebut dan mampu menyelesaikan tugas rangkaian kelistrikan sistem penerangan, Hal ini dikarenankan menggunkan model Work Based Learning. Keberhasilan pembelajaran menggunakan model Work Based Learning kelistrikan sisitem penerangan siswa menjadi aktif dan terampil hal ini dapat mengembangkan nilai-nilai yang ada pada diri siswa dan memperkenalkan siswa tentang kehidupan di dunia usaha/dunia industri menjadi nilai yang positif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jesa

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Jurnal Edukasi Sebelas April is a peer-reviewed journal published by LPPM UNSAP & Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNSAP for information and communication sources for academics (educators), education and learning observers and education practitioners, which is published twice a year in ...