Didalam suatu lembaga pendidikan layanan bimbingan karir untuk siswa SMP memiliki peranan penting berupa mengenai perubahan dan perkembangan siswa yang optimal selain belajar-mengajar sekolah juga memiliki kewajiban untuk membantu para siswa dalam mengatasi masalah perkembangan pendidikannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode  penelitian  yang  digunakan  dalam penelitian  ini  adalah  metode  deskriptif  kualitatif. Dilihat dari latar belakang konseling karir tidak dapat dipisahkan dari bimbingan karir. Bimbingan karir di SMP merupakan kelanjutan dari bimbingan karir di SD, Bimbingan dan konseling karir di SMP merupakan proses bantuan yang diberikan oleh konselor sekolah kepada siswa dalam rangka pemberian informasi tentang karir sehingga dapat membina sikap dan apresiasinya terhadap jenis pendidikan, jenis pekerjaan, sehingga muncul kesadaran pada diri siswa untuk memilih pekerjaan dan pendidikan sesuai dengan bakat, minat dan kemampuan yang dimiliki.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024