Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI)
Vol. 1 No. 2 (2024): Januari

Analisis Pelaksanaan Program Ekstrakurikuler di SDN 268 Panyileukan dan SD Priangan Istiqomah

Azna Dewi Wulandari (Unknown)
Meisya Siti Zainab (Unknown)
Putri Nur Isnaini (Unknown)
Agus Mulyana (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pelaksanaan ekstrakurikuler yang ada di sekolah negeri dan swasta yakni SDN 268 Panyileukan dan SD Priangan Istiqamah. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif  menggunakan metode observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa pelaksanaan ekstrakurikuler di SDN 268 Panyileukan ataupun SD Priangan Istiqamah sudah beragam bentuk menyesuaikan minat dan kebutuhan para peserta didik meliputi ekskul di bidang akademik seni, olahraga, kerohanian serta pramuka. Namun pada SDN 268 Panyileukan setiap jenjang kelas mempunyai ekstrakurikuler wajib yang harus diikuti oleh peserta didik pada jenjang tersebut. Sedangkan di SD Priangan Istiqamah hanya terdapat satu ekstrakurikuler wajib, yaitu pramuka. Adapun hambatan yang dirasakan oleh SDN 268 Panyileukan yaitu mengenai keterbatasan ruangan pelaksanaan ekstrakurikuler. Sedangkan pada SD Priangan Istiqamah tidak ada guru yang bisa menjadi pelatih atau pembina dari beberapa ekstrakurikuler sehingga harus mencari pelatih dari luar dengan pendanaan yang berbeda.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI) adalah jurnal peer-review akses terbuka, yang diterbitkan oleh Publikasi Inspirasi Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia adalah platform bagi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, dan mahasiswa untuk menyebarkan dan berbagi ...