Al-Muaddib : Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan
Vol. 4 No. 2 (2022): Oktober

MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI METODE BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR

Nur Khosiah (STAI Muhammadiyah Probolinggo)
Yulina Fadilah (STAI Muhammadiyah Probolinggo)
Nizrina Sofiani Rizkillah (STAI Muhammadiyah Probolinggo)
Irhamatul Milla (STAI Muhammadiyah Probolinggo)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2022

Abstract

Pendidikan adalah suatu hal yang sangat dibutuhkan oleh setiap keluarga dalam mencetak anak yang berbakti pada orang tua dan menjadi generasi penerus bangsa. Pendidikan merupakan modal utama dalam menghadapi tantangan zaman berkemajuan, sejak dari awal anak dikenalkan dengan pendidikan dan budi pekerti. Dalam dunia pendidikan di butuhkan berbagai metode pembelajaran agar harapan guru dan orang tua lebih mudah tercapai. Karena setiap siswa punya karakter dan pola pikir yang berbeda sehingga membutuhkan keteladanan, ketelatenan, keuletan dan kedisiplinan dalam menciptakan kondisi kelas yang kondusif. Tujuan dari penelitian yang dilakukan ini untuk mengetahui apakah model pembelajaran  tematik  melalui bercerita  dapat   meningkatkan  berpikir kritis siswa kelas 5 di SDI Miftahul Huda Bayeman-Tongas. Dalam hal  ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Tehnik pengumpulan observasi, wawancara, dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian di SDI MIftahul Huda Bayeman Kecamatan Tongas Kabupaten Probolinggo bahwa metode bercerita dapat meningkatkan minat belajar dan meningkatkan ketrampilan berfikir kritis siswa sekolah dasar dengan cara memeroleh informasi, mengembangkannya dengan cara dan karakter dia sendiri, dapat menyimpulkan dari cerita yang telah di dengarnya dengan baik dan benar.Kata Kunci: Model Pembelajaran Tematik, Metode Bercerita, Berfikir Kritis

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Muaddib

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Muaddib: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan which is managed by Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) of STAI Muhammadiyah Probolinggo. This journal is published twice a year and serves as a tool for researchers, academics and practitioners interested in basic education and learning studies and wish to ...