Riemann : Research of Mathematics and Mathematics Education
Vol. 5 No. 2 (2023): EDISI OKTOBER

PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 RANTAU UTARA

IDRIS RITONGA, SANGKOT (Unknown)
ANGGRAENI, RANI (Unknown)
ZUNAEDY PASARIBU, ENDI (Unknown)
AZHAR RITONGA, WAHYU (Unknown)
KURNIAWAN RANGKUTI, RIZKI (Unknown)
SUPRIHATININGSIH, SITI (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini dengan judul pengaruh pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas X SMA Negeri 2 Rantau Utara. Dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung = 5,959 dan ttabel= 1,994 pada taraf signifikan α = 0,05 dan dk = n1 + n2 – 2 =70 sehingga terlihat bahwa thitung > ttabel (5,959 > 1994) maka ha diterima dan h0 ditolak, sehingga terdapat pengaruh pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas X SMA Negeri 2 Rantau Utara.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

reimann

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education Journal Riemann is peer-reviewed journal that contains the work of the field of educational research or teaching mathematics, mathematics, mathematical applications, mathematical computerization, and models of mathematics education in the ...