Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran
Vol. 4 No. 1 (2024): Januari-April 2024

Analisis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Search Solve Create and Share (SSCS)

Nur Hidayah (Program Studi Pendidikan Biologi UIN Raden Intan Lampung, Bandar Lampung)
Santi Nurafiani (Program Studi Pendidikan Biologi UIN Raden Intan Lampung, Bandar Lampung)
Akbar Handoko (Program Studi Pendidikan Biologi UIN Raden Intan Lampung, Bandar Lampung)
Nukhbatul Bidayati Haka (Program Studi Pendidikan Biologi UIN Raden Intan Lampung, Bandar Lampung)
Ayu Reza Ningrum (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN Raden Intan Lampung, Bandar Lampung)
Uswatun Hasanah (Program Studi Pendidikan Agama Islam UIN Raden Intan Lampung, Bandar Lampung)



Article Info

Publish Date
03 Apr 2024

Abstract

Meskipun konsep HOTS menekankan kemampuan analisis, evaluasi, dan penciptaan, namun pada kenyataannya masih banyak peserta didik yang hanya menerima informasi dari pendidik tanpa melibatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi atau kolaborasi antar sesama peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis terhadap higher order thinking skills (HOTS) peserta didik melalui diimplementasikannya model pembelajaran search solve create and share (SSCS). Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Terdapat dua kelas pada penelitian ini yaitu kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran SSCS dan kelas kontrol yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran direct instruction. Penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling sehingga diperoleh kelas X7 dan X8. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa tes untuk mengetahui HOTS peserta didik. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh hasil yaitu sig. 0.000 < 0.05 oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa pengimplementasian model pembelajaran SSCS berpengaruh terhadap peningkatan nilai HOTS peserta didik secara signifikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrip

Publisher

Subject

Chemistry Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran (JRIP) adalah jurnal penelitian dan pengembangan kependidikan yang diterbitkan oleh Education and Talent Development Center Indonesia (ETDC Indonesia). Tujuan artikel ini adalah untuk mempublikasikan penelitian atau kajian kritis dibidang kependidikan dengan ...