Jurnal Dieksis ID
Vol. 2 No. 2 (2022): Juli - Desember 2022

Meningkatkan Pemahaman Membaca Melalui Program Ekstensif Literasi Teks Sastra

Sufi Alawiyah (Universitas Bina Sarana Informatika)
Zaenal Rafli (Universitas Negeri Jakarta)
Endry Boeriswati (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman melalui program Ekstensif Literasi Teks Sastra dengan menggunakan metode campuran. Peserta penelitian adalah mahasiswa semester 5 yang mendapat mata kuliah (2) membaca ekstensif pada tahun akademik 2020-2021 di Universitas Bina Sarana. Informatika Jakarta sebanyak 70 mahasiswa. Data yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yaitu 1) data kualitatif diambil dengan menggunakan kuesioner. Data kualitatif dianalisis dengan menggunakan transkripsi dan kode, diorganisasikan, dikategorikan, dan diambil kesimpulan. 2) Data kuantitatif diambil dari pre-test dan post-test. Data tes dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan Program Ekstensif Literasi Teks Sastra dengan teks sastra berdampak pada peningkatan pemahaman membaca bahasa Inggris. Siswa juga memiliki persepsi yang positif terhadap Program Ekstensif Literasi Teks Sastra karena dapat membangun minat baca dan kebiasaan membaca.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

dieksis

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Dieksis ID merupakan Jurnal atau publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Pustaka Digital Indonesia. Jurnal Dieksis ID menyebarluaskan hasil-hasil penelitian yang ditulis berdasarkan hasil kajian dan kajian literatur di bidang Bahasa, Sastra, Budaya, dan Seni pada pendidikan dasar, ...