Madaniya
Vol. 5 No. 2 (2024)

Evaluasi Keterampilan Guru dalam Menyusun Laporan Penelitian Tindakan Kelas

Sudarti Sudarti (Universitas Jember)
Singgih Bektiarso (Universitas Jember)
Albertus Djoko Lesmono (Universitas Jember)
Rifati Dina Handayani (Universitas Jember)
Nila Mutia Dewi (Universitas Jember)
Ike Lusi Meilina (Universitas Jember)
F K Ayu Anggraeni (Universitas Jember)



Article Info

Publish Date
27 May 2024

Abstract

Guru merupakan unsur penting sebagai pelaku dalam proses pendidikan untuk membentuk generasi muda berilmu dan berkarakter berdasarkan Pancasila. Oleh karena itu dibutuhkan guru profesional yang salah satunya memiliki kompetensi merancang dan mengevaluasi pembelajaran. Implementasi kompetensi ini secara utuh dapat diwujudkan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Namun, masih banyak guru yang belum terampil dalam proses penyusunan laporan hasil penelitian tindakan kelas. Kegiatan ini merupakan evaluasi hasil pelatihan penyusunan laporan Penelitian Tindakan Kelas kepada Guru SMA pada bulan Mei 2023. Kegiatan ini di ikuti oleh 25 orang Guru SMAN 1 Giri Jawa Timur. Tahapan pelatihan yang telah di lakukan meliputi: 1) persiapan, yaitu mendata peserta dengan syarat telah melaksanakan kegiatan penelitian tindakan kelas, 2) melaksanakan pelatihan secara daring setiap hari sabtu selama 4 kali pertemuan (@ 4 jam), 3) pendampingan praktek menyusun laporan PTK secara daring setiap hari minggu selama 4 kali (@ 4 jam), 4) evaluasi di lakukan melalui presentasi-diskusi hasil produk laporan PTK selama 4 kali (@ 2 jam). Sebagai indikator keterampilan menyusun laporan PTK didasarkan pada struktur yang meliputi: pendahuluan, kajian pustaka, metode penelitian, hasil dan pembahasan, kesimpulan dan saran, daftar pustaka, lampiran, dan kesesuaian format laporan. Hasil evaluasi membuktikan bahwa secara umum peserta mampu menyusun laporan PTK, namun tampak bahwa kelemahan tertinggi terdapat pada kemampuan dalan menyusun kalimat ilmiah khususnya pada latar belakang dan pembahasan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science

Description

Madaniya (ISSN 2721-4834) adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel tentang pengabdian kepada masyarakat dalam perspektif multidisiplin ilmu. Jurnal ini merupakan wadah untuk para akademisi, praktisi, dan masyarakat untuk mengeksplorasi isu-isu dan praktik yang berkaitan dengan penelitian, ...