Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa
Vol. 2 No. 2 (2024): April

Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah

Mukhtar, Afiah (Unknown)
Asmawiyah, Asmawiyah (Unknown)
Anggraeni, Dewi (Unknown)
Gani, Nurjaya (Unknown)
Gustiningsih, Diah Ayu (Unknown)
Husnawati, Husnawati (Unknown)
Tahir, Muh Syarif (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2024

Abstract

Profesionalisme menuntut guru untuk siap menghadapi era pengetahuan yang terus berkembang, dan keterampilan menulis artikel ilmiah menjadi aspek yang tidak terpisahkan bagi guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi permasalahan guru dalam penulisan artikel ilmiah dan pelatihan penulisan artikel ilmiah sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan kompetensi guru. Kegiatan pelatihan yang dilakukan dengan model partisipatif yang pelaksanaannya di UPTD SDN 22 Maros dan melibatkan 32 guru, 1 Pustakawan, 1 OPS dan 1 Tenaga Administrasi. Pelatihan ini mencakup berbagai materi seperti sistematika penulisan artikel ilmiah, pemilihan tema penelitian, pengenalan aplikasi bantuan dan teknik pencarian literatur. Dampak dari kegiatan pelatihan membantu peserta dalam peningkatan kompetensi dan profesionalisme dalam penulisan artikel ilmiah, sehingga dapat berkontribusi pada peningkatan mutu pendidikan dan pengembangan karir.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpmba

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Energy Health Professions Industrial & Manufacturing Engineering Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Medicine & Pharmacology Nursing Physics Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa published every month (12 times a year), contains disseminates every thought and idea on the results of research and the use of technology to be implemented to the public, including field of science; Mathematics and Natural Sciences, Applied, Social, Law, Culture, ...