Masih ada anggapan di benak peserta didik bahwa bahasa Arab kurang penting, yang membuat kurangnya keinginan/minat peserta didik untuk belajar bahasa Arab, bahkan menganggap bahasa Arab sebagai hal yang menakutkan, belajar bahasa Arab di Mts. Sawah Kab. Desa Kampar sudah dilakukan secara maksimal, namun dilihat dari hasil belajarnya masih banyak yang memiliki nilai di bawah rata-rata. Dengan mengetahui masalah, peneliti harus berusaha mencari solusi agar pembelajaran sesuai dengan apa yang diharapkan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang mendeskripsikan atau memaparkan permasalahan pembelajaran bahasa Arab di Mts. Sawah Kab. Desa Kampar. Penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi di lapangan untuk memperoleh informasi/data. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa penyebab permasalahan pembelajaran bahasa Arab di Mts. Sawah Kab. Desa Kampar adalah aspek kebahasaan (meliputi: bunyi, tulisan, mufrodat, dan tata bahasa) dan aspek nonlinguistik (meliputi: lingkungan, guru, metode, media/sarana prasarana, dan motivasi).
Copyrights © 2023