Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti
Vol. 10 No. 4 (2023)

PENGARUH MODEL DIRECT READING ACTIVITIES BERBANTUAN MEDIA PERMAINAN TEKA-TEKI SILANG PADA MINAT MEMBACA SISWA SEKOLAH DASAR

Julhidayat Muhsam (Universitas Pendidikan Ganesha)
Ida Bagus Putrayasa (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Nyoman Sudiana (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Direct Reading Activities (DRA) berbantuan media permaianan teka teki silang yang signifikan terhadap minat membaca siswa Kelas V SD Negeri 1 Naioni Kupang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian quasi eksperimental. Populasi adalah siswa SD Negeri 1 Naioni Kupang kelasV tahun ajaran 2022/2023. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VB sebagai kelas kontrol dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data meliputi: observasi, angket dan dokumentasi. Selanjutnya dianalisis menggunakan statistic inferensial dan uji t. Hasil penelitian yang diperoleh bawah nilai rata-rata kelas eksperimen 112,04 dan untuk kelas kontrol 91,72. Hasil penelitian diperoleh nilai uji-t pada taraf ???? 0,05 dengan df diperoleh nilai sig 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Disimpulkan bahwa ada pengaruh Model Direct Reading Activities (DRA) Berbantuan Media Permaianan Teka Teki Silang pada Minat Membaca Siswa Kelas V SD Negeri 1 Naioni Kupang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jil

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti merupakan salah satu jurnal yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Ruang lingkup dan fokus publikasi pada bidang pendidikan, pembelajaran, media pembelajaran, TIK dalam pendidikan dan pembelajaran, manajemen pendidikan, pendidikan dasar, ...