Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan LKPD berdasarkan Profil Pelajar Pancasila dan 2) mengetahui kepraktisan LKPD yang dikembangkan berdasarkan Profil Pelajar Pancasila. Pengembangan ini menggunakan model 4D ( define , design , development , dan disseminate ). Eksplorasi ini dilakukan di SMA Negeri 8 Malang pada peserta didik kelas XII IPS 1 yang mengambil mata pelajaran Ekonomi pada materi Pokok Persamaan Dasar Akuntansi. Verifikasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media sedangkan subyek uji produk adalah guru dan siswa. Instrumen penelitian berupa angket Skala 1–4. Analisis data dijelaskan secara kualitatif dan kuantitatif berupa nilai persentase kelayakan produk. Hasil penelitian menunjukkan 1) pengembangan produk LKPD berbasis profil pelajar Pancasila melalui tahapan model 4D: mendefinisikan , merancang , mengembangkan , dan menyebarluaskan ; 2) LKPD berbasis profil pelajar Pancasila mempunyai skor kelayakan sebesar 87,23% sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran ekonomi. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada penelitian selanjutnya agar melakukan pengembangan LKPD berbasis digital.
Copyrights © 2023