Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas pembelajaran menggunakan metode PJBL dalam meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya dalam konteks ilmu pariwisata. Dengan menggunakan data sekunder dari publikasi sebelumnya yang telah membahas penerapan metode PJBL, penelitian ini mengambil pendekatan analisis terhadap nilai postest kelas eksperimen dan kontrol. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang menerapkan model PJBL terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa di bidang ilmu pariwisata. Ini menunjukkan bahwa pendekatan aktif melalui pemecahan masalah, penjelajahan mendalam, dan kolaborasi antarsiswa dalam konteks proyek-proyek signifikan dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi proses pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini menunjukkan bahwa metode PJBL merupakan pilihan yang tepat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di bidang ilmu pariwisata
Copyrights © 2024