Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 7, No 2 (2024): Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series

Pengembangan Produk Wisata Berbasis Pengalaman di Desa Wisata Rammang-Rammang Menggunakan Model Bisnis Canva

Mia Rahayu (Politeknik Pariwisata Makassar)
Andri Machmury (Politeknik Pariwisata Makassar)
Buntu Marannu Eppang (Politeknik Pariwisata Makassar)
Renold Renold (Politeknik Pariwisata Makassar)



Article Info

Publish Date
18 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Desa Wisata Rammang-rammang, Kabupaten Maros. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan masyarakat lokal mengembangkan produk wisata. Jenis penelitian menggunakan penelitian dan pengembangan (R & D). Tahapan penelitian mulai dari identifikasi lapangan, observasi, wawancara, focus group discussion, desain produk, uji coba  hingga desiminasi. Uji coba dialkukan pada kelompok kecil dan kelompok besar. Hasil penelitian yaitu produk wisata berupa 1) Paket wisata yang memuat konten story telling fenomena fisik dan budaya setempat, 2) Rute Walking Tour dengan model Chaining Loop,3)  Pemanfataan homestay dan kuliner lokal serta produk pengembangan diimplementasikan menggunakan Model Canva untuk kegiatan promosi dan tata kelola bisnis pariwiwisata.  Rekomendasi untuk penelitian di masa yang akan datang untuk melakukan uji coba pada kelompok yang lebih besar lagi serta diperlukan pengembangan paket wisata yang sarat pengalaman di seluruh kawasan Geopark Maros-Pangkep.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...