Edu Sociata : Jurnal Pendidikan Sosiologi
Vol 7 No 1 (2024): Edu Sociata : Jurnal Pendidikan Sosiologi

Konsep Diri Fujoshi Penggemar Boys Love Thailand pada Mahasiswi Fakultas Keguruan

Hidayah, Siti Ismi Nurul (Unknown)
Setiawan, Rizki (Unknown)
Haryono, Haryono (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2024

Abstract

Boys love adalah genre hiburan yang populer di kalangan anak muda, menggambarkan hubungan romantis antara dua laki-laki. Mahasiswi keguruan juga menikmati genre ini. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan konsep diri fujoshi pada mahasiswi keguruan yang menggemari serial boys love Thailand. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian adalah tujuh mahasiswi fakultas keguruan yang menikmati konten boys love, dipilih dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis dilakukan menggunakan konsep dari buku "Transformation of Intimacy" oleh Anthony Giddens. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fujoshi menonton boys love karena tertarik dengan genre yang baru, plot cerita yang menarik, dan ketampanan aktor. Penelitian ini mengungkap bagaimana mereka menyembunyikan minat terhadap serial boys love Thailand sebagai respons terhadap regulasi pemerintah terhadap LGBT dan norma sosial. Fujoshi mengonsumsi tayangan boys love untuk kesenangan pribadi dan fantasi, serta sebagai hiburan di tengah kesibukan perkuliahan. Sebagai mahasiswi fakultas keguruan mereka memahami norma masyarakat, kelak saat menjadi guru akan berkomitmen menjaga profesionalitas dengan memisahkan antara hobi dan pekerjaan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ES

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Edu Sociata adalah jurnal program studi pendidikan sosiologi STKIP Bima yang merupakan jurnal online (online journal system), dimana para dosen dapat mempublikasikan hasil penelitiannya secara berkala. Di jurnal ini para dosen aktif melakukan penelitian sebagaimana tuntutan Tri Dharma Perguruan ...