Paramacitra : Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 1 No. 02 (2024): Vol. 1 No. 2 (2024): Volume 01 Nomor 02 (Mei 2024)

Pelatihan Excellent Service Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan Di Kelurahan Lakkang Kota Makassar

Sulmiah (Unknown)
Herlina Sakawati (Universitas Negeri Makassar)
Zarni Adia Purna (Universitas Negeri Makassar)
Muhammad Nur Yamin (Universitas Negeri Makassar)
Asri Nur Aina (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Fungsi pemerintahan adalah melayani dan melindungi masyarakat. Di tingkat kelurahan, perangkat kelurahan memiliki peran strategis dalam mewujudkan layanan ini. Salah satu cara untuk melakukannya adalah melalui pemberian pelayanan prima atau excellent service . Sayangnya, di banyak wilayah di Indonesia, pelayanan publik masih kurang memperhatikan kepentingan masyarakat, tidak efisien, dan terbatas sarana serta prasarana. Excellent service adalah sikap peduli terhadap pelanggan dengan memberikan pelayanan terbaik, memfasilitasi pemenuhan kebutuhan dengan cara yang mudah dan sesuai harapan pelanggan. Mitra dalam program pengabdian masyarakat ini adalah perangkat kelurahan di Kantor Kelurahan Lakkang, Kecamatan Tallo, Kota Makassar. Fungsi kelurahan mirip dengan desa dan harus menjadi pionir dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Oleh karena itu, pemerintah kelurahan perlu menciptakan sistem pelayanan yang memperhatikan kebutuhan masyarakat, meningkatkan kepercayaan masyarakat, serta menyelaraskan kemampuan, sikap, penampilan, tindakan, dan tanggung jawab dalam memberikan pelayanan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

paramacitra

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

Paramacitra Jurnal Pengabdian Masyarakat is a scientific multidisciplinary journal published by PT Ininnawa Paramacitra Edu. It is in the national level that covers a lot of common problems or issues related to community services. The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual ...