Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI)
Vol. 4 No. 2 (2024): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 2024 (2)

Pengaruh Kompetensi Profesional Guru terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V SDK St. Yoseph 4 Naikoten Kupang

Lusia Kali Boka (Universitas Citra Bangsa)
Heryon Bernard Mbuik (Universitas Citra Bangsa)
Femberianus Sunario Tanggur (Universitas Citra Bangsa)
Kristina E. Noya Nahak (Universitas Citra Bangsa)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2024

Abstract

Seorang guru yang profesional memerlukan kombinasi keterampilan dan keahlian tertentu di bidang pendidikan yang disebut kompetensi profesional guru. Hasil yang dicapai pada akhir proses pembelajaran disebut prestasi belajar.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara prestasi belajar siswa dengan kompetensi profesional guru pada mata pelajaran IPAS Kelas V SDK St. Yoseph 4 Naikoten-Kupang. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji test. Berdasarkan hasil pembahasan menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 81,83 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 77,67. Penelitian mengungkapkan adanya hubungan antara kuatnya prestasi belajar siswa kelas V SDK St. Yoseph 4 Naikoten-Kupang dengan kompetensi profesional gurunya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) dengan p-ISSN: 2797-2879 dan e-ISSN: 2797-2860 merupakan jurnal pendidikan dan pembelajaran yang menerbitkan artikel hasil kajian teori dan hasil penelitian dibidang pendidikan dan pembelajaran pada satuan pendidikan sekolah dasar, satuan ...