Pelaksanaan PKM ini bertujuan memberikan solusi terhadap permasalahan mitra, yaitu metode pembelajaran kosakata bahasa Inggris yang masih bersifat tradisional, yaitu menggunakan metode ceramah dengan memberikan contoh daftar kosakata tertentu lalu meminta siswa untuk membacanya, sehingga pengetahuan kosakata siswa menjadi sangat terbatas. Sebuah metode pembelajaran bahasa Inggris yang digunakan dalam pelatihan ini, yaitu Total Physical Response (TPR) menitikberatkan pada pengembangan keterampilan berbahasa Inggris dasar dan kosakata dasar melalui paparan yang bermakna yang diterima dari perpaduan memori dan gerakan fisik. Pelaksanaan pelatihan ini dilakukan di Pondok Pesantren Wihdatul Ulum YW UMI yang berada di Desa Borisallo, Kecamatan Parangloe, Kabupaten Gowa. Peserta pelatihan sebanyak 21 siswa kelas VIII dan IX. Manfaat yang diperoleh adalah para siswa mendapatkan pengalaman pembelajaran kosakata bahasa Inggris yang lebih santai sehingga menciptakan suasana hati yang positif dan memudahkan pembelajar mengingat apa yang telah mereka alami. Hasil pelatihan ini menunjukan bahwa pelaksanaan PKM dengan menggunakan metode TPR dapat meningkatkan kemampuan kosakata bahasa Inggris siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil tes yang diberikan, dari nilai rata-rata tes awal sebelum pelatihan sebanyak 15,52, kemudian meningkat menjadi 20,14 setelah perlakuan menggunakan metode TPR. Jadi, mengalami peningkatan sebesar 23,1%. Dengan demikian, metode pembelajaran TPR efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan kosakata bahasa Inggris siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024