BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 4 No. 1 (2024)

META-ANALISIS VALIDITAS BOOKLET SEBAGAI BAHAN AJAR TAMBAHAN UNTUK PELAJARAN BIOLOGI KELAS X SMA/MA

Maynisa Putri (Universitas Negeri Padang)
Rahmawati D (Universitas Negeri Padang)
Zulyusri (Universitas Negeri Padang)
Ria Anggriyani (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2024

Abstract

Pembelajaran di sekolah sangat bergantung pada peran guru sebagai pendidik dalam mendukung kegiatan belajar-mengajar. Fasilitas seperti sumber belajar dan media pembelajaran mendukung proses ini dengan meningkatkan kualitas dan efektivitas pembelajaran.  Dengan memakai media pembelajaran, peserta didik bisa menjadi lebih tertarik pada pelajaran baru, dan mendapatkan pemahaman yang lebih mudah. Booklet adalah satu dari banyak jenis sumber pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru, yang menawarkan kepraktisan, efektivitas, dan daya tarik visual yang dapat menyokong pemahaman peserta didik tentang materi pelajaran. Peneliti melakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengevaluasi validitas bahan ajar yang ditambahkan dalam buku pelajaran biologi di kelas X SMA/MA. Dalam penelitian ini, meta-analisis digunakan untuk mengumpulkan, memeriksa, dan menganalisis data dari penelitian sebelumnya. Metode ini juga bersifat kuantitatif karena melibatkan satuan hitung dan statistik dalam analisisnya. Hasil meta-analisis menunjukkan bahwa pengembangan booklet untuk bahan ajar tambahan dari 16 artikel sangat valid dalam hal kelayakan isi, bahasa, penyajian, dan kegrafikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...