Jurnal Pendidikan West Science
Vol 1 No 11 (2023): Jurnal Pendidikan West Science

Pengaruh Kualitas Guru Pendidikan Islam dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Akademik Siswa di Pondok Pesantren di Jawa Timur

Achmad Harristhana Mauldfi Sastraatmadja (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Muhammad As'ad (Universitas Muhammadiyah Gombong)
Indra Tjahyafi (Universitas Panca Marga)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini menyelidiki dampak dari kualitas guru dan motivasi belajar terhadap prestasi akademik siswa di sekolah-sekolah Islam di Jawa Timur. Pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM-PLS), digunakan untuk menganalisis data yang dikumpulkan dari 250 peserta. Statistik deskriptif mengungkapkan kekuatan dalam keahlian guru dalam bidang studi dan motivasi intrinsik siswa. Hasil SEM-PLS mengkonfirmasi hubungan positif yang signifikan antara kualitas guru dan motivasi belajar dan prestasi akademik. Motivasi belajar memediasi lebih lanjut hubungan antara kualitas guru dan prestasi akademik. Model ini menunjukkan kecocokan yang memuaskan, dan bootstrapping mendukung ketahanan hasil. Implikasi untuk praktik termasuk berinvestasi dalam pengembangan profesional guru dan penyelarasan kurikulum. Terlepas dari keterbatasan yang ada, studi ini memberikan kontribusi wawasan yang berharga untuk meningkatkan hasil pendidikan di pesantren.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdws

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pendidikan diterbitkan oleh Westscience Press, Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian dan studi tentang ilmu pendidikan. Artikel yang dimuat dalam jurnal adalah hasil penelitian atau pemikiran bidang pendidikan yang dilakukan oleh peneliti, guru, dan ...