Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 7, No 6 (2023)

Manfaat Kegiatan Outbound dalam Stimulasi Perkembangan kognitif Anak Usia Dini dari Perspektif Guru

Syafdaningsih Syafdaningsih (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sriwijaya)
Hasmalena Hasmalena (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sriwijaya)
Rukiyah Rukiyah (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sriwijaya)
Sofnidar Sofnidar (Pendidikan Matematika, Universitas Jambi)
Lia Dwi Ayu Pagarwati (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sriwijaya)
Rina Rahayu Siregar (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sriwijaya)
Dara Zulaiha (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sriwijaya)
Della Stevany (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sriwijaya)
Maryati Indah Safitri (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2023

Abstract

Aktivitas fisik yang melibatkan anak bergerak aktif melalui permainan outdoor seperti mini outbound masih jarang disediakan di Lembaga Taman Kanak-kanak. Selain karena faktor tempat, faktor biaya juga menjadi penyebab sulitnya menyediakan fasilitas permainan outbound meskipun dengan versi sederhana. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan perspektif guru Taman Kanak-kanak terhadap kegiatan outbound dalam mengembangkan kognitif anak usia dini.  Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah guru Taman Kanak-kanak di Kecamatan Indralaya, Palembang yang berjumlah 25 orang. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Angket yang digunakan untuk memperoleh data di susun menggunakan skala likert. Data penelitian di analisis menggunakan analisis proporsi dan analisis mode. Hasil penelitian menunjukan interpretasi perspektif guru terhadap kegiatan outbound sangat penting diterapkan di Lembaga sebagai salah satu alternatif permainan outdoor yang dapat menstimulasi perkembengan kognitif anak. Kemampuan berpikir kritis, kemampuan penalaran, dan kemampuan menganalisa anak dapat terasah melalui permainan outbound, serta kemampuan kolaborasi anak dalam bekerja sama dapat berkembang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...