Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 3 No. 2 (2024): Juni 2024

Pelatihan dan Pembimbingan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran di Yayasan Pedidikan Nurul Hasaniah

Yulita Molliq Rangkuti (Universitas Negeri Medan)
Said Iskandar Al Idrus (Universitas Negeri Medan)
Izwita Dewi (Universitas Negeri Medan)
Nurliani Manurung (Universitas Negeri Medan)
Insan Taufik (Universitas Negeri Medan)
Ahmad Landong (Universitas Muslim Nusantara Al-Wasliyah)
Muhammad Noer Fadlan (Universitas Muslim Nusantara Al-Wasliyah)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Proses pembelajaran sudah bertransformasi ke era digital 4.0. Materi pembelajaran digital diperlukan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman dan aktivitas belajar siswa, ini merupakann urgensi sehingga kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan. Tujuan adalah membuat meteri pembelajaran dengan aplikasi Canva dan pembuatan kuis interaktif mengunakan aplikasi Canva. Metode pelaksanaan dilakukan di Yayasan Pedidikan Nurul Hasaniah yang mempunyai level pendidikan dari SD hingga SMA. Kegiatan diawali dengan memberikan penjelasan pentingnya media pembelajaran, pengenalan media kuis interaktif, pengenalan canva dan implementasi pengelolaan media pembelajaran kuis interaktif. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa: a) Hasil evaluasi proses melalui observasi selama kegiatan, pemahaman peserta sangat baik dan isi kegiatan dinilai baik, b) Evaluasi produk menunjukkan bahwa seluruh peserta terampil dalam membuat media Canva. c) Respon peserta pelatihan sangat positif, hal ini tercermin dari keaktifan peserta dalam menghadapi tantangan yang ada.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

arc

Publisher

Subject

Religion Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Education Public Health

Description

Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan jurnal berbasis penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berfokus pada bidang keilmuan yaitu Pendidikan, Sosial, Teknik, Sains dan ...