Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia
Vol 4 No 3 (2024): JPMI - Juni 2024

Pendampingan Pembuatan Perangkat Pembelajaran Berbasis Proyek Pada MGMP Madrasah Aliyah Biologi Kecamatan Kuningan

Ilah Nurlaelah (Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Kuningan, Indonesia)
Handayani Handayani (Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Kuningan, Indonesia)
Lilis Lismaya (Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Kuningan, Indonesia)
Nheva Waafiyah Ramdhah (Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Kuningan, Indonesia)
Rolanda Rasendriya Nurdayanti (Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Kuningan, Indonesia)
Asyifa Asyifa (Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Kuningan, Indonesia)
Andhini Andhini (Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Kuningan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2024

Abstract

Kegiatan Pengabdian Masyarakat melalui Pelatihan Pendampingan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis Proyek Pada MGMP Biologi Kecamatan Kuningan Kab Kuningan ini bertujuan untuk melatih dan membekali skills para guru MGMP Biologi dalam penyusnan perangkat pembelajaran sesuai tuntutan kurikulum yang mendukung keterampilan abad 21, Meningkatkan keterampilan, dan Membangun karakter sebagai agen of change di masyarakat/sekolah yang mengembangkan sikap ilmiah. Hasilnya ialah berupa perangkat pembelajaran berbasis proyek yang dituangkan dalam bentuk modul ajar, LKPD, Bahan ajar dan Instrumen evaluasi. Target kegiatan pengabdian masyaakat pada kegiatan pelatihan penyusunan perangkat ajar ini adalah (1) Membekalkan dan melatih skills para guru MGMP  dalam menyusun perangkat pembelajaran (2) Memberdayakan masyarakat yaitu mitra sekolah agar memiliki jiwa inovatif dan kreatif dalam menyikapi berbagai regulasi dan kebijakan pelaksanaan pembelajaran di era kurikulum merdeka. Metode pengabdian kepada masyarakat mencakup: (1) Pelatihan Peserta. (2) Praktek dan pendampingan terbimbing peserta. (3) Evaluasi terhadap seluruh kegiatan. Hasil pengambdian ini memberikan dampak positif terhadap pengetahuan dan keterampilan peserta guru-guru MGMP Biologi dalam penyusunan perangkat pembelajaran. Hasil evaluasi dari data kuesioner diperoleh bahwa seluruhnya merasakan manfaat terhadap kegiatan pelatihan ini dan telah meningkatkan minat dan menambah pengetahuan baru serta bersedia mengaplikasikannya di dalam tugas keseharian guru dalam pelaksanaan pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpmi

Publisher

Subject

Humanities Education Engineering Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI) adalah jurnal nasional yang berisi hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya pendidikan, teknik, pertanian, sosial humaniora, komputer dan kesehatan. JPMI terbit dua bulan sekali, yaitu ...