Jurnal Unik: Pendidikan Luar Biasa
Vol 8, No 2 (2023)

PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI KINEMASTER DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BANGUN DATAR BAGI ANAK DENGAN HAMBATAN INTELEKTUAL KELAS VII DI SKH PELANGI ANAKKU KOTA TANGERANG

Yeni, Yeni (Universitas sultan Ageng Tirtayasa)
Utami, Yuni Tanjung (Universitas sultan Ageng Tirtayasa)
Sidik, Sistriadini Alamsyah (Universitas sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2023

Abstract

Permasalahan yang terjadi pada anak dengan hambatan interlektual  di kelas VII SMPKh SKh Pelangi Anakku Kota Tangerang yang belum mampu dalam mengenal Bangun datar, yaitu bentuk bangun datar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memperoleh data dan informasi mengenai penerapan media video animasi kinemaster dalam meningkatkan Kemampuan mengenal bangun datar bagi anak dengan hambatan intelektual kelas VII SMPKh Pelangi Anakku Kota Tangerang. Peneliti menggunakan metode eksperimen dalam penelitian ini melalui pendektakan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Perkembangan subjek dapat dilihat melalui fase baseline 1 (A-1), Intervensi (B), dan Baseline 2 (A-2). Subjek pada penelitian ini yaitu anak dengan hambatan intelektual ringan kelas VII SMPKh Pelangi Anakku. Target behavior pada penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan mengenal Bangun Datar. Pengumpulan data dalam peilitian ini yaitu dengan cara observasi dan tes. Pemerolehan data dianalisis melalui data statistik deskriptif dengan penyajian grafik. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa media video animasi kinemaster dapat meningkatkan kemampuan mengenl bangun datar bagi anak dengan hambatan intelektual  kelas VII SMPKh Pelangi Anakku Kota Tangerang. Hal ini dapat dilihat melalui peningkatan mean level pada fase baseline 1 (A-1) sebesar 33, fase intervensi (B) sebesar 88,62, dan fase baseline 2 (A-2) sebesar 65. Berdasarkan hasil analisis data maka dapat disimpulkan bahwa penerepan media video animasi kinemaster dapat meningkatkan kemampuan mengenal bangun datar anak dengan hambatan intelektual kelas VII SMPKh Pelangi Anakku Kota Tangerang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

UNIK

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Unik: Pendidikan Luar Biasa is expected to serve as a publication media for the results of quality scientific research, especially special education. The scope of the Jurnal Unik: Pendidikan Luar Biasa in the field of special education, especially children experiencing barriers to physical, ...