Jurnal Unik: Pendidikan Luar Biasa
Vol 8, No 2 (2023)

Pengembangan Modul Inovasi Pendidikan Berbasis Universal Design for Learning (UDL) yang Inklusif bagi Mahasiswa Disabilitas

Maslahah, Sayidatul (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Musayaroh, Siti (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Sidik, Sistriadini Alamsyah (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Abadi, Reza Febri (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Pratama, Toni Yudha (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Utami, Yuni Tanjung (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Muia, Dedi (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Asmiati, Neti (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Lutfianti, Zerlinda (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Septiani, Salsabila (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan modul inovasi berbasis Universal Design for Learning (UDL) Pendidikan bagi mahasiswa disabilitas. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R & D) menggunakan model ADDIE. Hasil penilaian kepada ahli media, ahli materi, dan uji coba didapatkan hasil baik dan layak untuk digunakan. Adapun aspek-aspek yang dinilai di antaranya adalah aspek materi/ isi, aspek penyajian, aspek kebahasaan, dan aspek kegrafikan. Adapun data uji ahli media skor 3,65 dan ahli materi 3,8 menyatakan bahwa produk ini layak dan sangat baik untuk diterapkan. Selain itu, respon dalam tahapan uji coba juga menunjukkan data rerata uji coba 3,7 menunjukkan makna sangat baik terhadap produk. Hal ini menunjukkan bahwa modul ini layak digunakan bagi mahasiswa tunanetra

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

UNIK

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Unik: Pendidikan Luar Biasa is expected to serve as a publication media for the results of quality scientific research, especially special education. The scope of the Jurnal Unik: Pendidikan Luar Biasa in the field of special education, especially children experiencing barriers to physical, ...