Rainstek : Jurnal Terapan Sains dan Teknologi
Vol. 5 No. 4 (2023): Desember

Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Peluang Melalui Penerapan Video Pembelajaran

Lestariningsih (Universitas PGRI Kanjuruhan Malang)
Sri Hariyani (Universitas Kanjuruhan Malang)
Yuniar Ika Putri Pranyata (Universitas PGRI Kanjuruhan Malang)
Vivin Yuliana Eka Susanti (Universitas PGRI Kanjuruhan Malang)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII terhadap materi peluang melalui penerapan video pembelajaran. Subyek penelitian ini adalah siswa SMP PGRI I Donomulyo sebanyak 15 siswa. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data digunakan observasi dan tes. Observasi dilakukan dengan mengamati keberlangsungan proses pembelajaran dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru. Tes terbagi menjadi tes awal dan tes akhir siklus. Tes awal diberikan sebelum pembelajaran dimulai. Tes akhir siklus diberikan setelah proses pembelajaran dengan penerapan video pembelajaran. Tes bertujuan untuk mengamati peningkatan skill berpikir kritis siswa. Indikator skill berpikir kritis yang digunakan pada penelitian ini meliputi: kemampuan memahami petunjuk/menganalisis pertanyaan, kemampuan merumuskan masalah atau pertanyaan (memfokuskan pertanyaan), kemampuan mengidentifikasi asumsi/menentukan konsep pemecahan, kemampuan menerapkan konsep/prosedur (operasi hitung) dan memberikan alasan masalah, serta kemampuan membuat kesimpulan. Video pembelajaran berfungsi sebagai stimulan untuk membangkitkan motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan secara klasikal skill berpikir kritis siswa berturut-turut 5,19% pada tes awal, 6,26 pada tes akhir siklus I, dan 9,32% pada tes akhir siklus II.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jtst

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Mathematics Social Sciences

Description

Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi welcome article submissions from all applied science and technology research areas including Mathematics, Physics, Technology, and Information System . Papers relating directly or indirectly to all aspect of these fields are also welcome to submit. ...