Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 2 (2024): irje 2024

Mengintegrasikan Asesmen Formatif Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Agung Alim Blado untuk Memaksimalkan Pemahaman Siswa

Zamroni, Zamroni (Unknown)
Muslih, Moh. (Unknown)
Soebari, Titien Soewastiningsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2024

Abstract

Proses pengumpulan dan pengolahan data untuk menentukan kebutuhan, perkembangan, dan pencapaian hasil belajar siswa dikenal sebagai evaluasi. Penelitian ini menggabungkan asesmen formatif untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang aqidah akhlak dan kemampuan pemecahan masalah mereka di MTs Agung Alim Blado. Instrumen asesmen formatif ini dirancang untuk membantu guru menemukan masalah yang dihadapi siswa dalam memecahkan masalah tentang subjek aqidah akhlak dan memberikan umpan balik yang tepat waktu dan berguna untuk membantu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah mereka. Asesmen formatif ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa dan pemahaman mereka tentang aqidah akhlak di MTs Agung Alim Blado dapat ditingkatkan dengan menambahkan asesmen formatif ke dalam pelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...