Asesmen atau penilaian merupakan sebua rangkaian kegiatan yang dilaksanakan secara sistematis berkelanjuta yang digunakan sebagai pengumpul informasi tentang proses dan hasil belajar peserta didik untuk memperoleh keputusan berdasarkan kriteria dan pertimbangan tertentu. Asesmen sumatif dalam kurikulum merdeka dilaksanakan sebagai dasar untuk menjamin tercapainya tujuan pembelajaran secara keseluruhan. Penilaian sumatif dilakukan pada akhir pembelajaran atau dapat dilakukan secara bersamaan untuk dua atau lebih tujuan pembelajaran sesuai kebijakan satuan dan pertimbangan pendidik. Metode penelitian yang digunakan melalui pendekatan kualitatif yaitu dengan melakukan observasi dan wawancara kepada guru yang telah memilki pengalaman melakukan asesmen sumatif berbasis chromebook. Hasil penelitian ini diketahui bahwa SMP Negeri 1 Lubuk Dalam, Kabupaten Siak, Provinsi Riau mendapatkan bantuan berupa chromebook sebanyak 160 unit dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Siak untuk mendukung pergerakan digitalisasi sekolah dalam pelaksanaan pembelajaran melalui media chromebook Hal ini tentunya merupakan sebuah dukungan yang luar biasa bagi SMP Negeri 1 Lubuk Dalam.
Copyrights © 2024