Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 2 (2024): irje 2024

Hak Asasi Manusia dalam Perspektif Islam: Kajian Terhadap Prinsip-prinsip HAM dalam Al-Qur'an

Syarifuddin Syarifuddin (Universitas Ibrahimy)
Haidi Hajar Widagdo (IAIN Palangkaraya)
Ahmad Aziz Masyhadi (IAI Tarbiyatut Tholabah)
Zainol Hasan (Universitas Ibrahimy)
Aat Ruchiat Nugraha (Universitas Padjadjaran)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2024

Abstract

Artikel ini membahas prinsip-prinsip Hak Asasi Manusia (HAM) dalam Al-Qur'an dan tantangan-tantangan dalam penerapannya dalam konteks modern. Melalui metode tinjauan kepustakaan, artikel ini menganalisis ayat-ayat Al-Qur'an yang relevan, interpretasi ulama, dan aplikasi praktisnya dalam masyarakat Muslim saat ini. Tantangan utama termasuk perbedaan interpretasi, konflik dengan hukum nasional dan internasional, isu gender, kebebasan beragama, pendidikan, dan pengaruh politik. Penelitian ini bertujuan untuk mendalami pemahaman tentang nilai-nilai universal HAM yang terdapat dalam ajaran Islam serta upaya untuk memperkuat implementasinya di era modern.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...